Berita Kantor Wilayah Federasi KontraS

Papua  |  Nusa Tenggara  |  Sulawesi  |  Surabaya  |  Sumatera Utara  |  Aceh

  • Alumni SEHAMA KontraS Aceh Diskusi dan Buka Puasa Bersama
    KontraS Aceh bersama Alumni sekolah HAM dan AFSC menggelar diskusi dan buka puasa bersama yang diikuti oleh 20 orang alumni sekolah HAM KontraS Aceh, turut hadir juga  Daud Beureueh (Ketua POKJA Perlindungan Saksi dan Korban KKR Aceh), Norma Manalue dan Ruwaida (aktivis perempuan). Setelah menonton film dokumenter ASIMETRIS karya Dandhy… Read more »
  • Pernyataan Sikap: Jawa Timur Tidak Layak Mendapatkan Penghargaan Provinsi Terbaik Timdu Penanganan Konflik Sosial
    true
    Pernyataan Sikap: Jawa Timur Tidak Layak Mendapatkan Penghargaan Provinsi Terbaik Timdu Penanganan Konflik Sosial   Sebagaimana telah kita ketahui bersama pada tanggal 16 Mei 2019, pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan penghargaan sebagai Provinsi Terbaik Timdu Penanganan Konflik Sosial. Penghargaan ini bertentangan dengan fakta di lapangan bahwa selama ini Jawa… Read more »
  • KontraS Aceh Menyerahkan Dokumen Rancangan Peraturan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Aceh tentang Tata Cara Baku Rekonsiliasi
    Penyerahan dokumen Rancangan Peraturan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh tentang Tata Cara Baku Rekonsiliasi pada tanggal 16 Mai 2019 Jam 10.48 WIB di Ruang Rapat di Ruang Rapat Sekretariat KKR Aceh – Kuta Alam Banda Aceh. Diserahkan KontraS Aceh melalui T. Mursalin JP (Staf Penelitian dan Pengembangan) dan diterima… Read more »
  • Kegiatan KontraS Aceh
    KontraS Aceh lembaga yang ikut berpartisipasi dalam mendorong Pemenuhan Hak-hak Korban Pelanggaran HAM Masa Lalu melalui Penguatan Kelembagaan KKR Aceh. Video laporan ini merangkum beberapa kegiatan KontraS Aceh selama setahun kebelakang.   Read more »
  • Sekolah HAM dan Keadilan Transisional angkatan IX
    KontraS Aceh selesai mengadakan Sekolah HAM dan Keadilan Transisional angkatan IX pada  28 April – 2 Mei 2019 yang diadakan di Ruang Rapat Teungku Bantaqiah KontraS Aceh. Bagi kami sendiri, bergandengan tangan dengan kawan-kawan muda adalah sebuah kemewahan. Bukankah 10 pemuda mampu mengguncang dunia? Tidak ada yang lebih baik dari… Read more »
  • Lawan Rezim Pro Pasar Bebas dan Pelindung Penjahat HAM dan Bangun Persatuan Buruh Sebagai Kekuatan Politik Alternatif
    true
    Pemilu telah selesai dilaksanakan pada 17 april tahun 2019, berdasarkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga surve yang memenangkan pasangan Jokowi-Amin, APBJ menilai bahwa kemenangan ini tidak akan berdampang pada kesejehateraan rakyat. Sebagaiaman pemilu tahun 2014, pemilu tahun ini belum menjadi instrumen tegaknya kedaulatan rakyat. Secara umum saat… Read more »
  • Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Unsyiah menyelenggarakan kegiatan Forum Ilmiah Expert Meeting berupa Focus Group Discussion
    Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui Pusat Riset Ilmu Pemerintahan (PRIP) Universitas Syiah Kuala dan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Kamis 25 April 2019. Menyelenggarakan kegiatan Forum Ilmiah Expert Meeting berupa Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB.… Read more »
  • Fakultas Hukum dan Pusat Riset HAM Unsyiah Gelar Diskusi Reorganisasi Tantangan Profesionalisme Militer
    Fakultas Hukum Unsyiah dan Pusat Riset HAM Unsyiah serta didukung oleh Pusat Studi Ilmu Pemerintahan Unsyiah, Pusat Studi Kepolisian Unsyiah, ALSA, LKBH, BSUIA, P3KA, LBH Press, LBH Banda Aceh, Koalisi Masyarakat Reformasi Sektor Keamanan dan KontraS Aceh, Senin, 15 April 2019 menggelar diskusi publik setengah hari dalam rangka melanjutkan agenda… Read more »
  • KPU Telah Mencoret Warga Syiah Sampang dalam Daftar Pemilih Tetap di Sampang
    true
    Dalam pelaksanaan pemilihan umum 2019, Komisi Pemilihan Umum telah memasukkan komunitas Syiah asal kabupaten Sampang yang menjadi pengungsi di Rumah Susun Jemundo Sidoarjo dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan akan mendirikan Tempat Pemilihan Suara (TPS) khusus bagi mereka. KontraS Surabaya menemukan sejumlah fakta bahwa kebijakan KPU ini dilakukan tanpa mengikuti… Read more »
  • Pendaftaran Sekolah HAM KontraS Aceh 2019
    true
      Ingin tahu lebih banyak tentang Hak asasi manusia (HAM). Saat ini KontraS Aceh kembali membuka pendidikan HAM buat kawan-kawan mahasiswa dan pemuda di tahun 2019. Sekolah HAM ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 April – 02 Mai 2019. Jangan lupa ya!! Pendaftarannya sampai 14 April 2019.  Daftar dengan mengisi… Read more »
  • Solidaritas Perjuangan Tanah untuk Rakyat : Usir PT. Lonsum, Kembalikan Tanah Ulayat Masyarakat Adat Ammatoa Kajang Bulukumba
    Tanah ulayat Masyarakat Adat Kajang Ammatoa Bulukumba terancam dirampas oleh PT. London Sumatra (Lonsum) yang berada di Kabupaten Bulukumba. Pada 2 Maret 2018, PT. Lonsum memobililisasi seluruh pekerja yang berada di bawah naungannya yang tergabung dalam PUK-SPSI Palangisang State dengan melibatkan aparat kepolisian dan TNI untuk melakukan penggusuran paksa rumah-rumah… Read more »
  • Aliansi Bara-Baraya Besatu : Bara-Baraya Menjemput Keadilan & Menuntut Peradilan Bersih
    Menjelang putusan perkara tingkat banding Nomor : 501/PDT/2018/PT.Mks, yang akan dibacakan pada tanggal 19 Maret 2019 di Pengadilan Tinggi Makassar,antara tergugat warga Bara-Baraya vs. penggugat Nurdin Dg. Nombong & Kodam XIV Hasanuddin yang mengklaim tanah warga sebagai tanah okupasi asrama TNI-AD. Maka bersama ini kami menyampaikan beberapa fakta hukum yang… Read more »
  • Siaran Pers Bersama : Hentikan Kekerasan, Perampasan Lahan & Kriminalisasi Terhadap Masyarakat Hukum Adat Ammatoa Kajang, Bulukumba
    SIARAN PERS BERSAMA AGRA Sulsel, AGRA Bulukumba,  AMAN Sulsel, LBH Makassar, KontraS Sulawesi, PPMAN Sulsel, FMN Makassar, Pembaru Sulsel, KPA Sulsel, WALHI Sulsel “Hentikan Kekerasan, Perampasan Lahan & Kriminalisasi Terhadap Masyarakat Hukum Adat Ammatoa Kajang, Bulukumba !!!” Dengan dalih penanaman karet dan penertiban, PT. Lonsum (London Sumatra) secara sengaja melakukan… Read more »
  • Pernyataan Sikap KontraS Surabaya Terkait Pemindahan Makam Alm. Nunuk Suwartini
    true
    Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Surabaya mengecam keras tindakan pemindahan makam Alm. Nunuk Suwartini, seorang umat Kristiani yang berasal dari Desa Ngares Kidul, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa polemik pemakaman ini bermula dari penolakan yang dilakukan oleh segelintir warga Desa… Read more »
  • Hentikan Segala Bentuk Kekerasan dan Perampasan Hak dalam Konflik Agraria PT. PP Lonsum dan Petani dan Masyarakat Adat Kajang Bulukumba
    Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah kejahatan serius yang dikutuk oleh masyarakat internasional dan dikatakan sebagai kejahatan “hostis humanis generis”, musuh umat manusia. Negara bertanggung jawab atas segala bentuk perlindungan, pemenuhan dan pemajuan hak asasi manusia rakyat Indonesia dari segala bentuk kejahatan kemanusiaan yang menjatuhkan dan merendahkan nilai-nilai kemanusian. Pemahaman dan keyakinan… Read more »
  • KontraS Surabaya Kecam Penolakan Pemakaman Warga di Mojokerto
    true
    Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Surabaya, mengecam keras tindakan diskriminasi terkait upaya pemindahan pemakaman Nunuk Suwartini (67), seorang warga dari Desa Ngares Kidul, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pemakaman terancam dipindahkan hanya karena yang bersangkutan adalah penganut agama Kristen yang meninggal pada Kamis, 14 Februari… Read more »
  • Intimidasi Pelaporan PTSL, KontraS Surabaya Buka Aduan
    true
    Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap atau PTSL dimanfaatkan untuk meraup pungutan liar atau pungli. Di Jawa Timur, nilainya mencapai miliaran rupiah. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS Surabaya) membuka posko pengaduan karena banyak intimidasi yang diterima warga saat ingin melaporkan praktik lancung ini. Video oleh: CNN Indonesia. Read more »
  • Agenda Reformasi TNI Dan Penolakan Rencana Penempatan TNI Di Jabatan Sipil
    Serikar Pekerja HAM Indonesia (SEPAHAM) dan Pusat Studi HAM Ada setidaknya 5 Agenda Reformasi 1998, atau terkait Reformasi TNI. Yakni (1) Mencabut Dwi Fungsi ABRI; (2) Restrukturisasi Komando Teritorial; (3) Reformasi Peradilan Militer; (4) Hapus Bisnis TNI; (5) Profesionalisme Militer (Fungsi Pertahanan). Sudah ada upaya mendorong reformasi TNI tersebut melalui perubahan… Read more »
  • Hentikan Segala Bentuk Diskriminasi Atas Nama Agama!
    true
    Jumat, 22 Februari 2019, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Surabaya, mengecam keras tindakan diskriminasi terkait upaya pemindahan pemakaman seorang warga dari Desa Ngares Kidul, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pemakaman terancam dipindahkan hanya karena yang bersangkutan adalah penganut agama Kristen. Sebagaimana yang telah diberitakan di… Read more »
  • Komnas HAM Kirim Balik 7 Berkas Perkara Pelanggaran Berat HAM ke Kejagung
    JAKARTA, KOMPAS.com – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara mengatakan, tujuh berkas kasus pelanggaran berat HAM yang dikembalikan Kejaksaan Agung sudah dikirim kembali. Hal itu dikatakannya saat ditemui di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (19/2019). “Sampai saat ini tujuh berkas yang dikirimkan oleh… Read more »

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More