Berita Kantor Wilayah Federasi KontraS

Papua  |  Nusa Tenggara  |  Sulawesi  |  Surabaya  |  Sumatera Utara  |  Aceh

  • Debat Capres Soal HAM Jangan Hanya di Panggung
    Debat Calon Presiden-Wakil Presiden akan berlangsung malam ini, Kamis (17/1). Debat perdana dengan tema ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyangkut HAM, hukum, terorisme dan korupsi. Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh, Hendra Saputra menilai, kedua kandidat Capres-Cawapres yang akan berdebat malam ini, berbicara HAM tidak hanya… Read more »
  • Serial Diskusi: Terorisme
    Kemarin kita membincang soal Terorisme bersama mas Andri dari KontraS Surabaya. Sebenarnya apa sih itu terorisme? Kalau merujuk pada asal katanya “teror” dapat diartikan sebagai perilaku yang yang mengganggu. Terus, saat kamu punya utang lantas didatengi oleh debt collector, ditagih-tagih sampe gak nyaman banget lalu ngerasa terteror. Apakah si penagih… Read more »
  • Catatan Kasus HAM 2018
      Bagaimana kita melihat dukungan negara terhadap Hak Asasi Manusia? Bukan cuma korban pelanggaran HAM Berat di masa lalu saja. Bahkan pengabaian negara atas pemenuhan hak ekonomi, sosial dan pun budaya pun merupakan pelanggaran HAM. Menyimak diskusi bersama Koordinator KontraS Aceh : Hendra Saputra, Arabiyani, Safri muarrif dan alhadi habibi… Read more »
  • PT. Lonsum Kembali Langgar Kesepakatan Rapat Koordinasi yang Diinisiasi Polres Bulukumba
    true
    Menyikapi situasi dan kondisi sengketa agraria antara Masyarakat Adat Kajang dengan pihak PT. Lonsum di wilayah Bulukumba, Polres Bulukumba menginisiasi diadakannya rapat koordinasi  yang dilaksanakan di areal HGU yang menjadi titik konflik (Kamis, 10 Januari 2018). Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kapolres Bulukumba dan Wakapolres Bulukumba beserta  jajarannya, perwakilan Masyarakat… Read more »
  • MEMBINCANG TOLERANSI
    Apa itu toleransi?  “Oh, itu adalah penamaan atas sikap saling menghargai dan menghormati terhadap mereka yang berbeda.”  Sebagai sebuah konsep, musti berwujud seperti apa? bagaimana ia menjelma dalam realitas, lalu dipahami sebagai TOLERANSI. Toleransi, apakah ia terikat ruang dan waktu? hanya pada hal-hal tertentu dan diwaktu-waktu yang menyenangkan hati saja? … Read more »
  • Kontras Pertanyakan Kelanjutan Penyelidikan Pelanggaran HAM di Aceh
    VIVA – Komnas HAM menyelidiki lima kasus pelanggaran HAM di Aceh dan tiga di antaranya sudah diserahkan ke Kejaksaan Agung untuk diselidiki. Lima kasus itu, antara lain Jambo Keupok di Aceh Selatan, tragedi Simpang Kertas Kraft Aceh (KKA) di Aceh Utara, Rumoh Geudong di Pidie, tragedi Titue Arakundo di Aceh… Read more »
  • Penyelesaian pelanggaran HAM berat tidak dapat melalui rekonsiliasi
    Jakarta (Antaranews Aceh) – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Agus Widjojo mengatakan penyelesaian pelanggaran HAM berat di Indonesia tidak dapat dilakukan melalui rekonsiliasi karena masyarakat belum siap.  “Kedua belah pihak antara korban dan pelaku harus mau bertemu. Kalau tidak, jangan bermimpi ada rekonsiliasi,” kata Agus Widjojo dalam peringatan Hari… Read more »
  • Diskusi dan Nonton Bareng FIlm Jalan Pedang
    Serangkaian kegiatan memperingati hari HAM sedunia tahun 2018 KontraS Aceh bersama alumni Sekolah HAM juga melakukan pemutaran Film “Jalan Pedang” yang diakhiri dengan diskusi yang dipandu oleh Aulianda Wafisa. [See image gallery at kontrasaceh.or.id] Read more »
  • Mengenang Sejarah Melalui Napak Tilas
    KontraS Aceh bersama Alumni Sekolah HAM melakukan napak tilas yang bertujuan untuk pembelajaran atau mengenang peristiwa pelanggaran HAM masa lalu yang pernah terjadi di Banda Aceh dan Aceh Besar. Rute perjalanan napak tilas meliputi 3 titik peristiwa penembakan tokoh Aceh dan 1 titik bekas lembaga pemasyarakatan di Keudah. Lokasi peristiwa penembakan… Read more »
  • Pameran Foto Peringatan Hari HAM 10 Desember 2018
    Pameran foto yang dilakukan oleh KontraS Aceh bersama dengan Alumni Sekolah HAM menyelenggarakan Pameran Foto di Arena Car Free Day (CFD) Banda Aceh pada hari minggu 09 Desember 2018. “Rumôh Geudong itu rumah apa?” tanya seorang ibu pengunjung di CFD kota Banda Aceh. Pertanyaan yang sama dimiliki oleh banyak sekali… Read more »
  • Peringati Hari HAM 10 Desember, KontraS Aceh dan Alumni Sekolah HAM Napak Tilas ke Sejumlah Lokasi Konflik Masa Lalu
    Menyambut peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) internasional yang jatuh setiap tanggak 10 Desember, Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh akan menggelar sejumlah kegiatan di hari Minggu (9/12/2018). Acara akan dimulai sejak pukul 07.00 WIB pagi. KontraS bersama alumni sekolah HAM dan Keadilan Transisi menggelar aksi damai… Read more »
  • Pernyataan Sikap Atas Tindakan Persekusi, Intimidasi, dan Pembubaran Paksa terhadap Mahasiswa Papua di Surabaya
    true
    Sabtu, 1 Desember 2018, kembali terjadi intimidasi oleh aparat keamanan dan organisasi masyarakat (ormas). Intimidasi tersebut berawal sejak mahasiswa Papua yang tergabung dalam AMP (Aliansi Mahasiswa Papua) menyerahkan surat pemberitahuan ke Polda Jawa Timur, tanggal 28 November 2018, terkait rencana aksi demonstrasi yang akan dilakukan pada tanggal 1 Desember 2018.… Read more »
  • Tindakan Ormas di Makassar pada mahasiswa Papua bertentangan dengan UUD 45
    Jayapura, Jubi – Pada hari Selasa (27/11/2018) pukul 16.00 WITA, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Makassar menyampaikan Surat Pemberitahuan kepada Polrestabes Makassar untuk menjaga situasi keamanan jalannya aksi penyampaian pendapat secara damai guna memperingati 57 Tahun Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat dengan tema “Berikan Hak Penentuan Nasib Sendiri bagi Rakyat Papua… Read more »
  • LBH Makassar dan KontraS Sulawesi: Hentikan Kekerasan, Intimidasi dan Diskriminasi Terhadap Mahasiswa Papua di Makassar
    KRONOLOGI Pada hari Selasa, 27 November 2018 pukul 16.00 WITA, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Makassar menyampaikan Surat Pemberitahuan kepada Polrestabes Makassar untuk menjaga situasi keamanan jalannya aksi penyampaian pendapat secara damai guna memperingati 57 Tahun Deklarasi Kemerdekaan Papua Barat dengan tema “Berikan Hak Penentuan Nasib Sendiri bagi Rakyat Papua… Read more »
  • Pembubaran dan Penyerangan Aksi Kamisan Malang: Ancaman Serius Bagi Demokrasi
    true
    Pada hari Kamis, 11 Oktober 2018, beredar kabar tentang pembatalan seminar bertajuk “Perubahan dan Kesinambungan Historis dalam Perspektif Keilmuan dan Pembelajaran” yang semula bakal digelar pada 24 Oktober mendatang. Seminar tersebut dibatalkan setelah aparat militer melakukan desakan kepada pihak kampus Universitas Negeri Malang (UM). Berdasarkan surat pemberitahuan bernomor 10.10.85/UN32.7.5.3/KP/2018, alasan… Read more »
  • Aksi Kamisan adalah Suara Korban Pelanggaran HAM: Polisi Wajib Melindungi, Bukan Membubarkannya!
    true
    Federasi KontraS bersama KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) Surabaya, mengecam keras tindakan ormas (Pemuda Garuda) dan aparat kepolisian yang membubarkan Aksi Kamisan di Surabaya dan Aksi Kamisan di Malang. Berikut ini merupakan kronologi pembubaran Aksi Kamisan di Surabaya dan Malang: Di Surabaya Sekitar pukul 16.00 WIB,… Read more »
  • Seminar Pemolisian dan Hak Berkeyakinan, Beragama dan Beribadah; Kelompok Minoritas Jemaat Ahmadiyah Jawa Timur
    true
    Dalam beberapa tahun belakangan ini isu hak atas berkeyakinan, beragama dan beribadah semakin genting dengan eskalasi kekerasan yang secara kuantitatif serta kualitatif meningkat bahkan berujung pada jatunya korban jiwa. Hal ini bisa dilihat pada serangan terhadap komunitas keyakinan atau agama minoritas, upaya pembatasan dan pelarangan pembangunan tempat ibadat atau aktivitas… Read more »
  • Empat Belas Tahun Negara Masih Bungkam Atas Pembunuhan Aktivis HAM, Munir Said Thalib
    true
    Surabaya, 08 September 2018 Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Surabaya menggelar acara refleksi 14 tahun peristiwa pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib yang terjadi di atas pesawat Garuda GA-974 dalam perjalanannya menuju ke Belanda untuk melanjutkan studi pascasarjana. Hingga hari ini kasus pembunuhan aktivis HAM Munir… Read more »
  • Hentikan Persekusi dan Upaya Kriminalisasi atas Mahasiswa Papua!
    true
    Pada Rabu, 15 Agustus 2018, kembali terjadi persekusi atas komunitas mahasiswa Papua di Surabaya. Peristiwa dimulai pada sekitar pukul 12.30 WIB ketika ada puluhan orang massa yang menggunakan pakaian dan atribut ormas tertentu, mendatangi asrama mahasiswa Papua di Jl. Kalasan, Surabaya. Pace Yp, salah satu mahasiswa Papua yang menempati asrama menemui… Read more »
  • Darurat Agraria Sulawesi Selatan
    Pernyataan Sikap Konsorsium Pembaruan Agraria wilayah Sulawesi Selatan, Lembaga Bantuan Hukum Makassar, KontraS Sulawesi, Federasi Petani Sulawesi Selatan, Serikat Petani Massenrempulu, Suara Lingkungan, Yayasan Pendidikan Rakyat Bulukumba. Merespon pengrusakan lahan-lahan pertanian milik petani di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang oleh PTPN XIV Unit Maroangin. Saat ini HGU PTPN XIV Unit Maroangin sudah… Read more »

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More